Spiga

Kontes kecantikan unik ala Saudi Arabia



Kontes kecantikan yang satu ini tidak membutuhkan penampilan fisik yang aduhai atau wajah cantik. Sebab pesertanya mengenakan pakaian perempuan ala Arab yang menutupi segalanya kecuali mata mereka. Lalu apa yang dinilai?

Para panitia kontes di Arab Saudi ini tak mempedulikan keindahan fisik, sebab yang mereka cari adalah Miss Beautiful Moral. Kriteria juaranyapun unik. Pemenang harus terbukti menghormati dan melayani orang tuanya masing-masing.

“Tujuan kontes ini untuk mengukur seberapa jauh komitmen kontestan terhadap moral yang dijunjung Islam. Inilah alternatif kontes kencantikan yang selama ini diketahui publik,” kata penggagas kontes tersebut Khadra Al Mubarak, seperti dilansir Yahoo, Kamis (7/5).

Kontes ini merupakan salah satu bukti perpaduan format Barat yang dimasukkan dalam budaya Muslim setempat. Mereka berusaha menghapuskan kesan dominasi Barat di semua jenis media, mulai dari televisi hingga internet. “Pemenangnya tak harus cantik. Kami lebih mempedulikan kecantikan jiwa dan moral,” imbuhnya.

Kontes ini resmi dibuka akhir pekan lalu dan sejauh ini telah menampung hampir 200 kontestan. Selama 10 pekan ke depan mereka akan dikarantina dan mengikuti beberapa program.

Pendaftaran masih dibuka untuk perempuan Arab berusia 15-25 tahun. Pemenang dan dua runner up akan diumumkan pada Juli. Juara pertama berhak membewa pulang US$ 2.600 (Rp 27 juta) dan dua juara lainnya masing-masing berhak mengantongi US$ 1.300 (Rp 13,5 juta). (inilah.com)

0 comments: